Notification

×

Iklan

Iklan

Iklan

Dampak Negatif PETI ,Kini Sudah dirasakan Warga Desa Kandang Tabir

Kamis, 06 Juni 2024 | Juni 06, 2024 WIB Last Updated 2024-06-06T13:35:34Z

 



merangin.mediafaktajambi.com.Dampak negatif dari aktivitas penambangan emas tanpa izin (PETI) dikabupaten Merangin kini sudah mulai dirasakan oleh warga desa Kandang kecamatan Tabir ,selain membuat air sungai  keruh juga sudah berdampak terhadap kesehatan warga

Warga Desa Kandang  mengaku was was menggunakan air sungai ini karena menyebabkan penyakit kulit seperti gatal-gatal.

Seperti diungkapkan Er, warga Desa Kandang ,rabu (6/06). 

"Semenjak ada penambangan emas di hulu sungai kandang , kondisi air sungai  yang digunakan masyarakat setiap harinya tidak lagi sekedar keruh,   Namun dia mengaku tidak punya pilihan karena umumnya warga seperti mereka tidak memiliki sumur.
"Kami sekeluarga takut kalau aktivitas ini masih berlangsung dan tidak ada tindakan dari pemerintah maka kami akan menanggung dampaknya ," katanya mengeluh.

Dia juga mengaku khawatir karena aktifitas PETI juga dikabarkan menggunakan bahan kimia.  "Untuk mencuci saja kami sudah takut,apalagi untuk mandi, karena bahan kimia yang digunakan sudah bercampur dengan air ,"  jelasnya.

Sementara itu Sk (45 ) yang juga warga Desa Kandang mengatakan kalau aktifitas ini dibiarkan berlarut-larut akan menambah penderitaan masyarakat yang biasanya menggunakan air sungai  dalam aktifitasnya sehari-hari.
"Kami sangat cemas kalau penyakit gatal-gata  masih menghantui kami. Apalagi  kebanyakan masyarakat masih menggunakan sungai ini untuk kehidupan sehari-hari," ujarnya.

 Lanjutnya air sungai  sudah tidak layak  lagi digunakan karena sangat keruh dan bercampur berbagai macam kotoran  akibat aktivitas PETI,kami minta kepada pemkab,pemdes Kandang dan pihak penegak hukum untuk segera menghentikan aktivitas PETI tersebut," harapnya.

"Kami warga negara yang punya hak untuk dilindungi,bukan hnya harta benda, tapi juga lingkungan,maka kami minta kepada pemkab Merangin,pihak Penegak hukum serta instansi lainnya untuk melindungi kami dari dampak negatif dari PETI,agar keberlangsungan hidup kami warga Kandang bisa aman dan selamat dari penyakit "harapnya(001)


×
Berita Terbaru Update