Notification

×

Iklan

Iklan

Iklan

Pekerjaan Paving Block Asal Jadi, Dinas Pendidikan Kab. Kerinci Tetap Terima dan Bayar 100 %

Senin, 30 Oktober 2023 | Oktober 30, 2023 WIB Last Updated 2023-10-30T04:55:19Z

 

Kerinci - Media Fakta.Pemerintah Kabupaten Kerinci berupaya meningkatkan sarana dan prasarana sekolah seperti pembangunan  paving block SD Neg 171/III Sungai Dalam Kecamatan Kayu Aro.


Proyek yang bersumber dari APBD Tahun 2023, yang dikerjakan oleh Cv.  Tiga Putri beralamat RT.  03 Desa Sawahan Jaya Kec.  Air Hangat dengan nilai kontrak sebesar  Rp.  184 999.000.


Namun sangat disayangkan pekerjaan pembangunan  paving block tersebut diduga dikerjakan asal jadi tanpa memperhitungkan spek dan mutu sehingga beberapa bagian sisinya pecah dan retak, rumput sudah tumbuh.


Hal ini , berdasarkan pantauan Media Fakta hasil pekerjaan yang acak- acakan dan sangat terkesan asal pasang dan asal jadi, sehingga pekerjaan pemasangan paving block ini tampak mengangkangi aturan dan ketentuan yang berlaku, dimana terlihat jelas celah antara paving block tanpa memakai abu batu atau pasir yang halus,  paving block yang retak pun tetap terpasang, hal ini disebabkan mutu paving blocknya yang rendah.


Akibat dari pekerjaan yang tidak sesuai dengan juklak juknis dan kuat dugaan tidak sesuai dengan spesifikasi, tentu hal ini mestinya menjadi perhatian khusus Dinas Pendidikan Kabupaten Kerinci,  terutama PPK yang juga sebagai Kadis Pendidikan, PPTK, konsultan pengawas atau pihak yang menerima  hasil pekerjaan.


Kuat dugaan hal ini bisa terjadi, akibat dari lemahnya pengawasan dari Dinas Pendidikan  Kabupaten Kerinci  sehingga pelaksana / kontraktor bekerja seenaknya alias leluasa mengerjakan asal-asalan yang penting pekerjaan selesai walaupun mutu pekerjaan tidak tercapai.


Sangat disayangkan hasil pekerjaan jauh dari mutu, apabila oihak Dinas Pendidikan Kab. Kerinci menerima dan membayar 100 % kepada rekanan. 


Silisman sebagai Kasi Sarana dan Prasarana Bidang Sekolah Dasar, melalui WA kepada media ini akan cek ulang ke SD Sungai Dalam. Apabila terbukti pekerjaan asal jadi, pihak Dinas Pendidikan diharapkan untuk dapat mengambil tindakan tegas (Jml)

×
Berita Terbaru Update